PUBLIKASI HASIL ANALISIS DATA PENGUKURAN STUNTING DI TINGKAT KABUPATEN TANAH LAUT TAHUN 2023
I. STUNTING DI KABUPATEN TANAH LAUT
Stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar yang ditetapkan oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang kesehatan. (sumber : Perpres 72 Tahun 2021).
ARAHAN PRESIDEN PADA RATAS TANGGAL 5 AGUSTUS TAHUN 2020
1. Fokus penurunan stunting di 10 provinsi yang memiliki prevalensi stunting tertinggi, di antaranya NTT (Nusa Tenggara Timur), Sulbar (Sulawesi Barat), NTB (Nusa Tenggara Barat), Gorontalo, Aceh, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Tengah.
2. Memberikan akses pelayanan kesehatan bagi ibu hamil maupun balita di Puskesmas dan Posyandu dipastikan tetap berlangsung.
3. Tingkatkan upaya promotif, edukasi dan sosialisasi bagi ibu-ibu hamil serta pada keluarga harus terus digencarkan sehingga meningkatkan pemahaman untuk pencegahan stunting, dengan melibatkan PKK, tokohtokoh agama, tokoh masyarakat RT dan RW serta relawan, dan kita harapkan ini menjadi gerakan bersama di masyarakat
4. Upaya penurunan stunting berkaitan dengan program perlindungan sosial, terutama Program Keluarga Harapan (PKH), kemudian pembagian Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan juga pembangunan infrastruktur dasar yang menjangkau keluarga-keluarga yang tidak mampu.
INTERVENSI SPESIFIK Sektor Kesehatan (Berkontribusi 30%)
1. Layanan pemberian makanan tambahan (PMT) untuk ibu hamil kurang energi kronik (KEK) dan balita kurus
2. Pemberian tablet tambah darah untuk ibu hamil dan remaja putri
3. Layanan ibu hamil Kontak minimal 4 kali selama kehamilan (K4)
4. Pemberian vitamin A untuk balita (6 bulan – 59 bulan)
5. Imunisasi dasar lengkap
6. Pelayanan ibu Nifas
7. Pemberian zinc balita diare
8. Balita gizi mendapat perawatan
9. ASI eksklusif dan Makanan Pengganti ASI (MP ASI)
INTERVENSI SENSITIF Sektor Non-Kesehatan (Berkontribusi 70%)
1. Penyediaan sanitasi yang layak
2. Penyediaan air minum yang layak
3. Konseling gizi dan Bina keluarga balita
4. Layanan Pendidikan anak usia dini (PAUD)
5. Program perlindungan sosial : JKN/Jamkesda, program keluarga harapan
6. Kawasan rumah pangan Lestari
PERAN KABUPATEN/KOTA DALAM PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING
1. Menyiapkan kebijakan berkaitan dengan penurunan stunting
2. Melaksanakan Standar Pelayanan Minimal secara Maksimal
3. Menetapkan target percepatan penurunan stunting untuk mendukung pencapaian target nasional
4. Menetapkan program dan kegiatan terkait penurunan stunting, dalam dokumen perencanaan dan penganggaran
5. Meningkatkan alokasi dan efektifitas penggunaan dana desa untuk penurunan stunting
6. Melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan-kegiatan yang terkait dengan penurunan stunting
7. Untuk Penurunan Stunting Pemda melaksanakan 8 aksi konvergensi
8. Melibatkan peran multisektor termasuk non pemerintahahan dalam upaya penurunan stunting
Delapan Aksi Konvergensi : Instrument dalam bentuk kegiatan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk memperbaiki manajemen penyelenggaraan pelayanan dasar agar lebih terpadu dan tepat sasaran
· Aksi 1 - Analisis Situasi.
· Aksi 2 - Rencana Kegiatan.
· Aksi 3 - Rembuk Stunting.
· Aksi 4 - Peraturan Bupati/Walikota tentang Peran Desa. (Dinas PMD)
· Aksi 5 - Pembinaan Kader Pembangunan Manusia. (Dinas PMD)
· Aksi 6 - Sistem Manajemen Data Stunting.
· Aksi 7 - Pengukuran dan Publikasi Stunting. (Dinkes dan BKKBN)
· Aksi 8 - Reviu Kinerja Tahunan.
DESA LOKUS STUNTING TAHUN 2023
KABUPATEN TANAH LAUT
NO | NAMA DESA/ KELURAHAN | PUSKESMAS | KECAMATAN | PERSENTASE STUNTING | JUMLAH STUNTING |
1 | Raden | Padang Luas | Kurau | 43,75 | 21 |
2 | Bawah Layung | Padang Luas | Kurau | 36,36 | 24 |
3 | Tambak Sarinah | Padang Luas | Kurau | 28,75 | 23 |
4 | Tampang | Angsau | Pelaihari | 25,45 | 14 |
5 | Tambak Karya | Padang Luas | Kurau | 18,00 | 18 |
6 | Padang Luas | Padang Luas | Kurau | 13,68 | 16 |
7 | Sungai Riam | Sungai Riam | Pelaihari | 12,27 | 33 |
8 | Liang Anggang | Bentok Kampung | Bati-Bati | 11,76 | 36 |
9 | Ujung Batu | Pelaihari | Pelaihari | 11,66 | 26 |
10 | Jorong | Jorong | Jorong | 11,03 | 29 |
11 | Benua Raya | Bati-Bati | Bati-Bati | 10,07 | 30 |
12 | Asam-Asam | Asam-Asam | Jorong | 9,82 | 39 |
13 | Ujung | Bati-Bati | Bati-Bati | 9,51 | 25 |
14 | Sabuhur | Jorong | Jorong | 9,03 | 25 |
15 | Pelaihari | Pelaihari | Pelaihari | 6,7 | 29 |
16 | Banyu Irang | Bati-Bati | Bati-Bati | 6,53 | 15 |
17 | Bentok Darat | Kait-Kait | Bati-Bati | 6,27 | 18 |
18 | Simpang Empat Sungai Baru | Asam-Asam |
| 5,9 | 39 |
19 | Nusa Indah | Bati-Bati | Bati-Bati | 5,6 | 22 |
20 | Sarang Halang | Angsau | Pelaihari | 5,11 | 21 |
DESA LOKUS STUNTING TAHUN 2024
KABUPATEN TANAH LAUT
NO | NAMA DESA/ KELURAHAN | PUSKESMAS | KECAMATAN | PERSENTASE STUNTING | JUMLAH STUNTING |
1 | Simpang Empat Sungai Baru | Asam Asam | Jorong | 11.03 | 75 |
2 | Asam Asam | Asam Asam | Jorong | 16.93 | 65 |
3 | Benua Raya | Bati Bati | Bati Bati | 14.48 | 43 |
4 | Tambak Sarinah | Padang Luas | Kurau | 21.57 | 22 |
5 | Bawah Layung | Padang Luas | Kurau | 20.20 | 20 |
6 | Batu Ampar | Tajau Pecah | Batu Ampar | 18.98 | 26 |
7 | Sungai Riam | Sungai Riam | Pelaihari | 11.59 | 32 |
8 | Ujung | Bati Bati | Bati Bati | 11.41 | 30 |
9 | Sabuhur | Jorong | Jorong | 9.57 | 29 |
10 | Padang Luas | Padang Luas | Kurau | 18.69 | 20 |
11 | Raden | Padang Luas | Kurau | 16.18 | 11 |
12 | Asam Jaya | Asam Asam | Jorong | 12.37 | 23 |
13 | Sarikandi | Padang Luas | Kurau | 15.79 | 9 |
14 | Tambak Karya | Padang Luas | Kurau | 15.15 | 15 |
15 | Panggung Baru | Panggung | Pelaihari | 11.71 | 13 |
16 | Sumber Mulia | Sungai Riam | Pelaihari | 10.57 | 13 |
17 | Ujung Baru | Bati Bati | Bati Bati | 8.37 | 20 |
18 | Nusa Indah | Bati Bati | Bati Bati | 5.56 | 26 |
19 | Karang Rejo | Asam Asam | Jorong | 7.29 | 18 |
20 | Bati Bati | Bati Bati | Bati Bati | 5.10 | 20 |
21 | Liang Anggang | Bentok Kampung | Bati Bati | 4.96 | 20 |
22 | Panggung | Panggung | Pelaihari | 7.33 | 22 |
23 | Kelurahan Angsau | Angsau | Pelaihari | 2.85 | 27 |
24 | Swarangan | Jorong | Jorong | 9.14 | 16 |
25 | Bingkulu | Tambang Ulang | Tambang Ulang | 9.16 | 12 |
26 | Kelurahan Pelaihari | Pelaihari | Pelaihari | 2.78 | 18 |
27 | Gunung Mas | Tajau Pecah | Batu Ampar | 8.66 | 11 |
Prevalensi Stunting di Kabupaten Tanah Laut dari tahun 2020 s.d 2023
Capaian 11 intervensi spesifik percepatan penurunan stunting September 2023:
11 Intervensi spesifik percepatan penurunan stunting
|
Target
| Capaian September 2023
| ||
Intervensi untuk Rematri dan Ibu Hamil (sebelum melahirkan) | 1 | Remaja putri menjalankan skrining anemia
| 70 %
| 74.74% |
2 | Remaja putri mengonsumsi TTD
| 54 % | 96.71% | |
3 | Ibu hamil menjalani pemeriksaan kehamilan / ANC (ante-natal care) | 92 % | 4.231 ( 59%) | |
4 | Ibu hamil mengonsumsi TTD selama kehamilan
| 82 % | 59% | |
5 | Ibu hamil KEK (kurang energi kronik) mendapat tambahan asupan gizi
| 80 % | 100 % | |
Intervensi untuk balita (setelah kelahiran)
| 6 | Pemantauan pertumbuhan balita
| 80 % | 63.22% /57,95% |
7 | Bayi usia kurang dari 6 bulan mendapat ASI eksklusif
| 55 % | 76.38% | |
8 | Anak usia 6-23 bulan mendapat MP-ASI* (makanan pendamping ASI)
|
| 89.52% | |
9 | Balita gizi kurang mendapatkan tambahan asupan gizi
| 85 % | 100 % | |
Intervensi lintas siklus hidup
| 10 | Bayi memperoleh imunisasi dasar lengkap | 22,5 % | 53,1 % |
11 | Desa bebas dari BABS (buang air besar sembarangan | 70 % |
|
Tabel 1. Angka Balita dan Partisipasi pengukuran
Tahun | Jumlah Balita | Jumlah balita di ukur | Persen |
2020 | 33142 | 20772 | 62,68 |
2021 | 33142 | 31619 | 95,40 |
2022 | 29555 | 24391 | 82,53 |
2023 | 30123 | 27362 | 90,72 |
Berdasarkan hasil pengukuran bulan Agustus 2023 data ditarik pada Tanggal 18 September 2023 didapatkan sebanyak 27.362 balita di ukur (90,72%) dan ada 1244 balita di temukan stunting (Pendek dan sangat pendek) 4,55%. Balita yang memiliki tinggi normal sebanyak 23.625
Tabel 2. Rekap Status Gizi Balita pada bulan Agustus 2023
No | Kabupaten | BB/U | TB/U | BB/TB | |||||||||||
Sangat Kurang | Kurang | Berat Badan Normal | Risiko Lebih | Sangat Pendek | Pendek | Normal | Tinggi | Gizi Buruk | Gizi Kurang | Normal | Risiko Gizi Lebih | Gizi Lebih | Obesitas | ||
1 | TANAH LAUT | 219 | 1330 | 24866 | 947 | 284 | 960 | 25836 | 167 | 135 | 854 | 24264 | 1479 | 377 | 139 |
II. FAKTOR DETERMINAN KEJADIAN STUNTING
Stunting atau sering disebut kerdil atau pendek adalah kondisi gagal tumbuh pada anak berusia di bawah lima tahun (balita) akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang terutama pada periode 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), yaitu dari janin hingga anak berusia 23 bulan. Anak tergolong stunting apabila panjang atau tinggi badannya berada di bawah minus dua standar deviasi panjang atau tinggi anak seumurnya. Stunting dan kekurangan gizi lainnya yang terjadi pada 1.000 HPK di samping berisiko pada hambatan pertumbuhan fisik dan kerentanan anak terhadap penyakit, juga menyebabkan hambatan perkembangan kognitif yang akan berpengaruh pada tingkat kecerdasan dan produktivitas anak di masa depan. Stunting dan masalah gizi lain diperkirakan menurunkan produk domestik bruto (PDB) sekitar 3% per tahun.
Adapun penyebab masalah gizi, yaitu faktor yang berhubungan dengan ketahanan pangan khususnya akses terhadap pangan bergizi (makanan), lingkungan sosial yang terkait dengan praktik pemberian makanan bayi dan anak (pengasuhan), akses terhadap pelayanan kesehatan untuk pencegahan dan pengobatan (kesehatan), serta kesehatan lingkungan yang meliputi tersedianya sarana air bersih dan sanitasi (lingkungan). Keempat faktor tersebut secara tidak langsung mempengaruhi asupan gizi dan status kesehatan ibu dan anak. Intervensi terhadap keempat faktor tersebut diharapkan dapat mencegah malnutrisi, baik kekurangan maupun kelebihan gizi. Adapun Penyebab tidak langsung masalah stunting dipengaruhi oleh berbagai faktor,meliputi pendapatan dan kesenjangan ekonomi, perdagangan, urbanisasi, globalisasi, sistem pangan, jaminan sosial, sistem kesehatan, pembangunan pertanian, dan pemberdayaan perempuan. Untuk mengatasi penyebab stunting, diperlukan prasyarat pendukung yang mencakup: (a) Komitmen politik dan kebijakan untuk pelaksanaan; (b) Keterlibatan pemerintah dan lintas sektor; dan (c) Kapasitas untuk melaksanakan.
Tabel 3. Faktor Determinan Kejadian Stunting Bulan Agustus 2023
JKN | AIR BERSIH | KECACINGAN | JAMBAN SEHAT | KEBIASAAN MEROKOK | RIWAYAT IBU HAMIL | PENYAKIT PENYERTA |
72.11 | 84,81 | 0,48 | 78,30 | 65,35 | 13,34 | 1,37 |
Berdasarkan tabel diatas, sebanyak 1244 balita terdata stunting dilakukan pelacakan faktor determinan yang mempengaruhi kejadian stunting. Seperti keluarga yang memiliki JKN sebanyak 72,11%, layanan air bersih semua keluarga memiliki sedangkan jamban sehat dimiliki 78,30% keluarga balita, untuk kejadian penyakit penyerta di temukan 17 kasus dari 1244 balita Penyakit Penyerta yang dilaporkan seperti PJB, Hidrosefalus, TB Paru. Faktor determinan kejadian anak balita mengalami kecacingan sebanyak 6 balita dari 1244 balita. Untuk faktor determinan merokok ada 813 yang orang tuanya merokok. Riwayat ibu balita selama hamil sebanyak 166 (13,34%).
Tabel 4. Tren Prevalensi Stunting Kabupaten Tanah Laut
Tahun | Prevalensi Stunting |
2020 | 10,67 |
2021 | 6,41 |
2022 | 5,35 |
2023 | 4,55 |
Data Tahun 2020 dan 2021 merupakan data penarikan dari Aplikasi EPPGBM pada bulan penimbangan yaitu bulan Februari seklaigus dijadikan data dasar sebagai penentuan Lokus di tahun selanjutnya. Tren Prevalensi stunting mengalami penurunan setiap tahun, untuk tahun 2022 pada bulan Februari berdasarkan data EPPGBM ddidapatkan 4,27% dengan jumlah balita yang diukur 25.456 balita, sedangkan balita yang mengalami stunting di bulan Februari 2022 sebanyak 1086 balita. Untuk data bulan Agustus 2022 ditemukan 1306 balita mengalami stunting (5.35%)