BIMTEK PEJABAT PENGHUBUNG SP4N LAPOR
Keterangan Gambar : Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tanah Laut, Rabu (20/11) di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tala menyelanggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pejabat penghubung Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) dengan aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR).

BIMTEK PEJABAT PENGHUBUNG SP4N LAPOR

Tala-Info Publik,  Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tanah Laut, Rabu (20/11) di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tala menyelanggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pejabat penghubung Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) dengan aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR).

LAPOR adalah layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan rakyat secara online yang dikelola oleh Kantor Staf Kepresidenan (KSP) bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi, dan Ombudsman Republik Indonesia.

LAPOR telah ditetapkan sebagai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 3 Tahun 2015.

Saat ini LAPOR telah terhubung dengan Kementerian/Lembaga di Pemerintah Pusat dan juga dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah dalam mengelola aspirasi dan pengaduan masyarakat.

Pada kegiatan itu peserta Bimtek sebanyak 84 orang, terdiri dari 1 orang pejabat penghubung (Sekrataris pada SKPD) dan 1 orang admin pengelola dari tiap SKPD.

Kegiatan dibuka oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Tanah Laut Safarin, S.IP, M.Si.

Safarin menekankan agar segala permasalahan pelayanan publik bisa secepatnya diatasi, sehingga tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Pemerintah dapat meningkat.

Kegiatan Bimtek tersebut menghadirkan narasumber Chairun Ni'mah Kasi Pengelolaan Opini Publik Diskominfo Provinsi Kalsel dengan materi Membangun Tata Kelola Pengaduan Yang Efektif.

Dalam paparannya Chairun mengungkapkan, aduan yang masuk melalui Lapor dapat dijadikan sebagai pengawal pelaksanaan program yang dilaksanakan setiap SKPD terlebih SKPD yang memberikan pelayanaan langsung kepada masyarakat. Bagi Kepala Daerah, pengaduan masyarakat bisa dijadikan pertimbagan dalam pengambilan keputusan. Lapor juga bisa sebagai legitimasi politik bagi Kepala Daerah yang mau mencalon lagi.

Berawal dari pengaduan masyarakat yang direspon, maka masyarakat semakin percaya dengan Pemerintah. Dengan Lapor juga terbangun sistem transparan. Manfaat bagi pengguna layanan (masyarakat) merasa dihargai, dan terbangunnya komunikasi serta sebagai kajian untuk memperbaiki kualitas pekerjaan, paparnya.

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab, dan turut dihadiri Kadiskominfo Tala Drs. H. Rudi Ismanto, M.Si.

Berdasarkan data Lapor di Kabupaten Tanah Laut, paling banyak laporan ke Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) yang menyangkut infrastruktur. Aduan lainnya juga ada pada pelayanan seperti rumah sakit, Disdukcapil dan ada juga mengenai PDAM.

Bagi masyarakat yang ingin melaporkan ke Pemkab Tala ada 3 cara.
SMS dengan format : LAPORKTA <spasi> Isi Aduan Kirim ke : 1708. Twitter dengan Mention @laporKTA atau dengan Hashtag #LAPORKTA, Website : www.lapor.go.id

Untuk diketahui, saat ini Kabupaten Tanah Laut masuk dalam 18 Kabupaten/Kota Pengelola Lapor terbaik untuk regional Kalimantan. (Diskominfo)

Bagikan halaman ini

Berita Lainnya